Tutorial #22 : [Android] Merapikan Source Code di Eclipse

Sebenarnya ini sepele sih, tapi sangat membantu juga ketika coding. Kadang tanpa kita sadari tulisan kode kita menjadi berantakan sana sini ga beraturan. Malas juga jika harus merapikan satu per satu.

Kemudian tanpa sengaja saat lagi asyik browsing menemukan cara untuk merapikan kodingan. Yaudah, langsung dipraktekin dan sangat membantu bagi saya.

Caranya cukup simple : blok semua kodingan kita (Ctrl + A), kemudian klik kanan. Pilih Source kemudian pilih Format.
Bisa juga menggunakan shortcut di keyboard. Tekan tombol Ctrl + Shift + F secara bersamaan.

sc

Dan lihat hasilnya….

Selain itu bisa juga menggunakan menu bar di bagian atas.
Pilih Source kemudian pilih Format.

sc-1
Tinggal pilih cara mana yang di anggap mudah.
Oke, semoga manfaat.

Tagged with: , ,
Posted in Android, Tutorial

Tutorial #21 : [Eclipse] Error New Project, Folder SRC dan Layout Kosong

Bismillah,

Bener juga kata temen-temen saya, ketika punya blog maka tantangan terbesarnya adalah untuk MENGISINYA. Iya, butuh konsistensi untuk melakukan posting di blog dan ini belum bisa saya lakukan dengan baik.

Oke, memasuki akhir Maret ini, saya coba nulis lagi. Tulisan ini tentunya berdasarkan yang saya alami. Harapannya semoga bisa bermanfaat, bisa berbagi ilmu dan dapat membantu bagi para pembaca yang mengalami masalah yang saya alami.

Akhir-akhir ini lagi sering mainan Android dan Eclipse. Kebetulan nemu error sana sini. Daripada nganggur dan blognya juga lama belum diisi lagi, saya putuskan untuk menulisnya di blog yg keren ini. hehe

Masalah yg saya alami adalah ketika saya mau buat project baru di Eclipse (New Project), tapi setelah berhasil membuat project, folder src dan layout kosong. Seharusnya folder itu terisi otomatis dengan satu class (MainActivity.java) di folder src dan satu layout (activity_main.xml) di folder layout. Pada kenyataannya, di laptop saya tidak demikian. Akhirnya saya coba googling dan ketemu jawabannya.

Sederhana saja : saya melakukan update packages di Android SDK Managernya. Caranya :

Buka Eclipse, kemudian pada menu atas pilih Help dilanjutkan pilih Install New Software.

Selanjutnya copykan link berikut di bagian Work with : https://dl-ssl.google.com/android/eclipse/

Setelah itu centang pada bagian Developer Tools yang akan muncul setelah kita meng-copy-kan link tersebut.

Pilih Next.

Pilih Accept dan Install.

Tunggu sampai proses install selesai. Jika di pertengahan instal muncul jendela konfirmasi, pilih OK.

Setelah itu silahkan dicoba buat New Project, seharusnya sudah bisa.

 

Sekian, semoga manfaat.

 

Sumber / Referensi :

http://stackoverflow.com/questions/22215499/src-folder-empty-on-creating-new-android-project

http://stackoverflow.com/questions/22219392/eclipse-doesnt-create-main-activity-and-layout

Tagged with: , , , , ,
Posted in Android

Tutorial #20 : Memunculkan Tombol Enter di Keyboard pada Cross A8T

Ini real pengalaman pribadi ketika baru saja punya hp dengan merk Cross A8T. Ketika mau mengetik sms, saya merasa janggal. Ada sesuatu yg hilang. Ternyata, itu adalah tombol enter.

Biasanya kalau mengetikkan sms yg panjang (–sms atau cerpen yak :D) lebih enak kalau pakai tombol enter. Tapi setelah dicari-cari kok ternyata ga ada tombol enternya. Apa memang saya yg ga tahu letaknya dimana atau memang dari sono-nya sudah ga ada. Terus terang saya jadi penasaran. Maklum-lah hp baru (baca : alibi, hehe) walaupun ga merk yg wah.

Mula-mula seperti ini tampilan keyboard-nya :

20131101101810

Untuk memunculkan tombol enter-nya, saya hanya mengganti input method keyboard-nya. Caranya tinggal masuk ke menu Settings – pilih Language & Keyboard – terus pilih Select input method yang ada di paling bawah. Kalau di hp saya, hanya ada 2 pilihan yaitu Android keyboard dan Inputmethod of Google. Pilih Inputmethod of Google. Berikut screenshoot alur untuk mengganti input method keyboard :

20130815113829

 

20131101131018

20131101131055

20131101131216

Sekarang buka menu Messaging / SMS untuk mengecek keyboard-nya. Alhamdulillah, sudah tampil tombol enter-nya seperti gambar di bawah ini :

20131101101059

20131101101208

Namun jika hal tersebut gagal dilakukan, mungkin bisa download keyboard di https://play.google.com/store terus diinstal di hp-nya. Hehe

Oke, sekian dulu ceritanya. Lain waktu kita sambung lagi. Maaf bila ada kekurangan dan semoga manfaat 🙂
salam share and get more.

Tagged with: , , , ,
Posted in Campuran, Tutorial

Sejuta Tutorial Blog Hadir di Android

Alhamdulillah, akhirnya blog saya kini bisa hadir di Android. Terima kasih juga tak lupa dihaturkan kepada mas Dedy a.k.a Milisdad yang telah banyak membantu. Semoga dengan adanya aplikasi ini, blog ini semakin bermanfaat bagi teman-teman semua.

Dengan aplikasi ini, saya berharap tulisan2 saya di blog ini akan mudah diakses terutama melalui smart phone dan bisa lebih mendekatkan diri kepada teman-teman semua.

Bagi teman-teman yg pengen install Sejuta Tutorial Blog di smartphone Android-nya bisa download APK langsung dari blog ini. Caranya tinggal klik saja untuk download. Lebih jelasnya -Baca selanjutnya

Tagged with: , ,
Posted in Campuran

Tutorial #19 : [SOLUSI] Gagal Install Ms Office 2007 di Windows XP pada Laptop Axioo Neon TVW

Berawal dari install ulang laptop temen dengan merk Axioo Neon TVW. Saat itu sistem operasi yg diinstall adalah Windows XP SP3. Install lancar dan tinggal install aplikasi-aplikasinya saja.

Saat install Ms Offiice 2007, muncul sebuah error kayak gini :

The Windows Installer service cannot update one or more protected Windows Files. Setup Failed. Rolling back changes….

Hingga akhirnya muncul window yg kayak begini :

windows-installer-error1

SOLUSI
Langka Pertama : GOOGLING 😀

dari penelusuran mbah google ketemu solusi. Solusinya adalah menambahkan sebuah file.

File itu bisa didownload di sini. DOWNLOAD.

File-nya kecil kok cma 600Kb.

Setelah file selesai download, Copy file tersebut dan paste-kan di folder :

C:\Program Files\Common Files\Microsoft Shared\Web Server Extensions\40\Bin

office2007-error_-1

Setelah itu, jalankan lagi proses instalasi Ms Office 2007.

Akhirnya berhasil deh install Ms Office 2007 di laptop Axioo Neon TVW dengan sistem operasi Windows XP SP3.

Semoga ada manfaatnya.

Salam share and get more . . .

sumber : http://support.microsoft.com/default.aspx?scid=kb;EN-US;324500

Tagged with: , , , , ,
Posted in Campuran, Tutorial
Sejuta Tutorial on Android
Ingin Berlangganan Artikel Saya
Blog Stats
  • 148,321 hits
%d bloggers like this: