[LINUX] Setting Jam melalui Terminal di Linux

Kalo setting jam di Terminal gmana ya? Terbersit dalam otak saat googling dan bingung mau ketik kata kunci apa. Ya sudah, saya ketikkan saja setting jam via konsole. Nemu referensi dan baca-baca, akhirnya saya coba praktek di laptop dgn Ubuntu 10.10 (Maverick) yang sekarang sudah nerubah menjadi PC berjalan,,heheh. Daripada nganggur gak jelas buat dokumentasinya juga untuk di share di blog..

Oke, daripada berlama-lama, mari langsung kita cekidot.

Jadi sebenarnya perintah untuk setting jam via Terminal di Linux adalah perintah dasar yang di saya pelajari di mata kuliah Sistem Operasi, yaitu pakai perintah date. Misal saya ingin mengubah setting waktu di laptop saya menjadi :

Tanggal 17 Desember 2011 pukul 07.00.

Caranya ketikkan di terminal :

$ sudo su

kemudian isikan password Anda, terus ketikkan :

# date 121707002011

Terakhir ketikkan perintah di bawah agar  disimpan ke CMOS sehingga saat restart atau mati lampu, settingan jam tidak berubah

# hwclock –systohc

versi lengkap + screenshootnya dapat didownload di sini.

Regard,

About

hari ini kita tidak bisa merubah hari kemarin || tapi, hari ini kita bisa merubah hari esok

Tagged with: , , ,
Posted in Linux

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Sejuta Tutorial on Android
Ingin Berlangganan Artikel Saya
Quotes

sampaikanlah walau satu ayat | sampaikanlah ilmumu walau kau rasa tiada bermanfaat

yang kamu tau jangan kau simpan | sampaikan

takut salah? | salah sudah biasa | yg gak biasa | gak tau kalo yg kita tau itu salah

sampaikan utk dikoreksi | koreksi utk memperbaiki diri

gak perlu jadi ahli utk berbagi | gak perlu nunggu jadi guru baru mau berbagi ilmu

Belajarlah | menulislah | berkaryalah | berprestasilah | bergeraklah

Clock
Kalender
March 2012
M T W T F S S
    Apr »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
Blog Stats
  • 89,740 hits

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 259 other followers

%d bloggers like this: