[SOLVE] Solusi Error Proses “sudo apt-get update”

Pernahkah terjadi error saat kita akan melakukan update di Linux? Saya pernah. Dan errornya seperti di bawah :

E: Could not get lock /var/lib/dpkg/lock – open (11 Resource temporarily unavailable)
E: Unable to lock the administration directory (/var/lib/dpkg/)

Artinya apa ya?
Error seperti diatas terjadi mungkin karena ada 2 proses yg berjalan bersamaan, misal kita lagi ngejalanin synaptic trus kita juga buka terminal kemudian ketika kita ketik $ sudo apt-get update ato $ sudo apt-get install, biasanya akan muncul pesan error di atas. Karena ada 2 proses yg berjalan bersamaan, maka harus di kill process.

Solusinya gimana:

1. Restart komputer/laptop. Setelah selesai restart ketikkan lagi sudo apt-get update. Biasanya sudah gak error lagi. hehe

2. Cara kedua kita gak harus restart komputer/laptop kita. Buka terminal dan ketikkan di terminal : sudo fuser -vki /var/lib/dpkg/lock kemudian tekan Enter. Setelah selesai, ketikkan lagi sudo apt-get update. Insya allah error gak ada lagi.

ato

3. Cara ketiga hampir sama dengan cara nomor 2. Buka terminal dan ketikkan di terminal : sudo rm -f /var/lib/dpkg/lock kemudian tekan Enter. Setelah itu ketikkan lagi sudo apt-get update. Error juga bakal ga nongol lagi deh..hehe

Kalau saya lebih sering menggunakan cara nomor 2. Katanya cara yg lebih halus untuk melakukan kill process…(gak tau juga ding hehe)

Untuk lebih memahami sintak nomor 2, silahkan ketikkan di terminal man fuser.

 

Semoga bisa membantu, , ,

 

sumber :

Mas Budi (sesepuh KSL UIN)

ubuntu-indonesia.com

About

hari ini kita tidak bisa merubah hari kemarin || tapi, hari ini kita bisa merubah hari esok

Tagged with: , , ,
Posted in Linux, Terminal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Sejuta Tutorial on Android
Ingin Berlangganan Artikel Saya
Quotes

sampaikanlah walau satu ayat | sampaikanlah ilmumu walau kau rasa tiada bermanfaat

yang kamu tau jangan kau simpan | sampaikan

takut salah? | salah sudah biasa | yg gak biasa | gak tau kalo yg kita tau itu salah

sampaikan utk dikoreksi | koreksi utk memperbaiki diri

gak perlu jadi ahli utk berbagi | gak perlu nunggu jadi guru baru mau berbagi ilmu

Belajarlah | menulislah | berkaryalah | berprestasilah | bergeraklah

Clock
Kalender
March 2013
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
Blog Stats
  • 89,740 hits

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 259 other followers

%d bloggers like this: