[Eclipse] Error New Project, Folder SRC dan Layout Kosong

Bismillah,

Bener juga kata temen-temen saya, ketika punya blog maka tantangan terbesarnya adalah untuk MENGISINYA. Iya, butuh konsistensi untuk melakukan posting di blog dan ini belum bisa saya lakukan dengan baik.

Oke, memasuki akhir Maret ini, saya coba nulis lagi. Tulisan ini tentunya berdasarkan yang saya alami. Harapannya semoga bisa bermanfaat, bisa berbagi ilmu dan dapat membantu bagi para pembaca yang mengalami masalah yang saya alami.

Akhir-akhir ini lagi sering mainan Android dan Eclipse. Kebetulan nemu error sana sini. Daripada nganggur dan blognya juga lama belum diisi lagi, saya putuskan untuk menulisnya di blog yg keren ini. hehe

Masalah yg saya alami adalah ketika saya mau buat project baru di Eclipse (New Project), tapi setelah berhasil membuat project, folder src dan layout kosong. Seharusnya folder itu terisi otomatis dengan satu class (MainActivity.java) di folder src dan satu layout (activity_main.xml) di folder layout. Pada kenyataannya, di laptop saya tidak demikian. Akhirnya saya coba googling dan ketemu jawabannya.

Sederhana saja : saya melakukan update packages di Android SDK Managernya. Caranya :

Buka Eclipse, kemudian pada menu atas pilih Help dilanjutkan pilih Install New Software.

Selanjutnya copykan link berikut di bagian Work with : https://dl-ssl.google.com/android/eclipse/

Setelah itu centang pada bagian Developer Tools yang akan muncul setelah kita meng-copy-kan link tersebut.

Pilih Next.

Pilih Accept dan Install.

Tunggu sampai proses install selesai. Jika di pertengahan instal muncul jendela konfirmasi, pilih OK.

Setelah itu silahkan dicoba buat New Project, seharusnya sudah bisa.

 

Sekian, semoga manfaat.

 

Sumber / Referensi :

http://stackoverflow.com/questions/22215499/src-folder-empty-on-creating-new-android-project

http://stackoverflow.com/questions/22219392/eclipse-doesnt-create-main-activity-and-layout

About

hari ini kita tidak bisa merubah hari kemarin || tapi, hari ini kita bisa merubah hari esok

Tagged with: , , , , ,
Posted in Android
3 comments on “[Eclipse] Error New Project, Folder SRC dan Layout Kosong
  1. sangat bermanfaat sekali mas. terima kasih tutorialnya

Leave a Reply

Sejuta Tutorial on Android
Ingin Berlangganan Artikel Saya
Quotes

sampaikanlah walau satu ayat | sampaikanlah ilmumu walau kau rasa tiada bermanfaat

yang kamu tau jangan kau simpan | sampaikan

takut salah? | salah sudah biasa | yg gak biasa | gak tau kalo yg kita tau itu salah

sampaikan utk dikoreksi | koreksi utk memperbaiki diri

gak perlu jadi ahli utk berbagi | gak perlu nunggu jadi guru baru mau berbagi ilmu

Belajarlah | menulislah | berkaryalah | berprestasilah | bergeraklah

Clock
Kalender
March 2014
M T W T F S S
« Nov   Jun »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  
Blog Stats
  • 89,740 hits

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 259 other followers

