[ Tips and Trick ] Menghadapi TOEFL dan IKLA

Bismillah,,
Assalamu alaikum wr wb
Hanya sekedar ingin berbagi cerita dan pengalaman yang saya lakukan sebelum menghadapi kedua ujian seperti nampak pada judul yaitu : TOEFL dan IKLA.
Sebagai syarat untuk mendaftar munaqosyah/pendadaran di kampus tercinta –UIN SUKA Yogyakarta — setiap mahasiswa diwajibkan untuk lulus ujian TOEFL dan IKLA.
TOEFL merupakan ujian untuk mengukur kemampuan kita dalam menguasai dan memahami bahasa Inggris, sedangkan IKLA untuk mengukur kemampuan kita dalam berbahasa Arab.
Maklumlah, kuliah di kampus Islam dan bersyukur karena dapat lebih memahami bahasa Arab. Menurut informasi, standar untuk lulus TOEFL jika bisa mencapai skor sama dengan atau lebih dari 400. Untuk skor IKLA masih simpang siur berapa skornya.

Saya niatkan Bismillah semoga kedua ujian TOEFL dan IKLA yang akan saya lalui semua skornya diatas 400 | amiin 3x.
Berikut yang saya lakukan :

1. Saya ikut ujian TOEFL-LIKE yang diadakan oleh Pusat Bahasa UGM –bukan promosi ya, karena saya gak dibayar utk itu hehe. Acaranya rutin dilaksanakan setiap bulannya 2 kali, biasanya di minggu ke-2 dan ke-4. Bayar pendaftaran 75ribu –ingat pepatah “Jer basuki mawa bea” — artinya ??? cari sendiri  :). Disini saya bermaksud mengukur kemampuan bahasa inggris saya selama ini. Maklum, ujian semacam toefl ini terakhir kali saya alami saat sebelum lulus smk. Modal saya hanya dari latihan soal TOEFL secara online saja. Hari Kamis, 25 April 2013 saya ujian, dan hasilnya seminggu kemudian baru bisa diambil. Seminggu kemudian saya ambil hasil ujiannya, dan tere tetet tetet. Skor saya 410 –Alhamdulillah. Sesuai yang saya targetkan : diatas 400. #sambil senyum2  :) Oh iya, TOEFL-LIKE itu latihan ujian TOEFL ya jadi gak ada acara pelatihan, pembelajaran, dikasih tau tips and trik sebelumnya. Tidak ada, hanya latihan tes TOEFL saja.

2. Setelah saya ngambil hasil ujian TOEFL-LIKE. Esok harinya saya ujian TOEFL sesungguhnya di kampus tercinta. Ini lah perang sesungguhnya –sok mendramatisir. Tentu saya semakin pede menghadapi ujian TOEFL hari ini karena berbekal hasil yg cukup memuaskan dari hasil TOEFL-LIKE UGM kemarin. Sudah dech, posisi siap perang untuk mengadapi musuh yang berupa huruf di dalam lingkaran yang siap untuk dihitamkan..haha

3. Saya juga mempelajari buku tentang pembahasan soal-soal TOEFL dan minta file dari teman. Isinya pembahasan soal TOEFL (longman)..

4. Persiapan IKLA (bahasa Arab). Terus terang saya tidak bisa berbahasa Arab. Mempelajari bahasa Arab saja ketika masuk UIN. Tapi sekali lagi saya niatkan Bismillah semoga diberi kemudahan dan skor yang terbaik. Untuk persiapan saya cukup simple. Saya cari lagi buku modul bahasa Arab ketika pertama kali masuk UIN, saya buka dan pelajari lagi. Kemudian, Saya bertanya kepada teman saya yang sudah ujian IKLA terlebih dahulu dan mendapatkan skor diatas 400. Saya tanya ke dia melalui chatting fb ttg tips and trick mengerjakan soal bahasa Arab karena terus terang saya bingung mau belajar bahasa Arab seperti apa. Berikut tips dari Beliau :
# Untuk jawab soal Reading dia menggunakan Eliminasi jawaban. Maksudnya gmana?
kan ada pilihan a,b,c,d,e.
lha diantara 5 pasti ada yg sama/mirip, terus diurutke ae yg sama nyampe kata apa.
terakhir, dicari kata yg terbanyak atau yang ada di bacaan, nah itu yg dipilih.

# Kalo pas listening, dia cuma bilang : “saya mendapatkan keberuntungan” hehe
# satu lagi klo ngerjakke jangan diterjemahke tp diliat stucture aja
# terakhir ini menurut saya tips yang paling keren dari beliau :
mengko nonton bola terus tahajud
bsk pagi sebelum berangkat dhuha dulu
hahhaa
insyaallah ada jalan

–waktu itu ada pertandingan bola di tivi (Liga Champions)

Saya coba ikuti saran beliau, untuk tahajud dan dhuha dan selalu saya berdoa : ” Ya Allah, semoga engkau memberikanku kemudahan dan kelancaran dalam mengerjakan soal TOEFL dan IKLA. Semoga skor yang diperoleh bisa lebih dari 400, syukur2 bisa mencapai 500. Amiin”.

Saya tes IKLA tgl 2 Mei 2013 dan tes TOEFL tgl 3 Mei 2013. Hasilnya bisa dilihat hari Senin, tgl 6 Mei 2013. Dan Alhamdulillah doa saya terkabul. Skor TOEFL dan IKLA saya di atas 400. Terima kasih ya Allah engkau telah mengabulkan doaku, terima kasih teman engkau telah mengingatkanku tentang KEKUATAN DOA.

Fa inna ma’al ‘usri yusran, inna ma’al usri yusra. Sebab sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan. Allah selalu ngasih kita 2 kemudahan dalam 1 kesulitan (QS. Al Insyirah : 5-6).

ini hanya curcol saya ketika menghadapi tes TOEFL dan IKLA. Semoga kalian juga sukses, amiin.

Wassalamu alaikum wr wb

10 comments on “[ Tips and Trick ] Menghadapi TOEFL dan IKLA
  1. rintoko says:

    lahhh,, kirain tips n trick.. ternyata cuma “الدعاء صلاح المؤمين” towww…😀

  2. minta contoh-contoh soal Bahasa Arab n TOEFL nya donk dikirim ke arhakz@yahoo.co.id terimakasih dtggu sblum tgl 12 April 2014.

  3. Nahma says:

    kalo mau daftar IKLA di UIN caranya gimana ya? syukron

  4. maghfur says:

    Saya juga mau minta soal nya om saya besok tggl 1 september ujian toefl inggris sama ikla di kirimin ya om ya(kevinmaghfurrohmat@yahoo.com) kalo udah sms 089646754629 ane tunggu ye om thanksthanks

    • pulung says:

      saya ga punya soalnya mas.

      dulu pengalaman saya sebelum tes toefl dan ikla di UIN itu saya ikut toefl prepare test di pusat bahasa UGM. Kalo ga salah dulu bayar 75ribu apa ya (buat pemanasan). trus kalo ikla paling cuma buka buku modul pas perkuliahan bahasa arab dan pas ngerjain banyak2 berdoa hehe

  5. muis says:

    boleh minta pembahsan soal TOEFL ? kirim ke abdullahmuis1@gmail.com kak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Sejuta Tutorial on Android
Ingin Berlangganan Artikel Saya
Quotes

sampaikanlah walau satu ayat | sampaikanlah ilmumu walau kau rasa tiada bermanfaat

yang kamu tau jangan kau simpan | sampaikan

takut salah? | salah sudah biasa | yg gak biasa | gak tau kalo yg kita tau itu salah

sampaikan utk dikoreksi | koreksi utk memperbaiki diri

gak perlu jadi ahli utk berbagi | gak perlu nunggu jadi guru baru mau berbagi ilmu

Belajarlah | menulislah | berkaryalah | berprestasilah | bergeraklah

Clock
Kalender
December 2016
M T W T F S S
« Jun    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
Blog Stats
  • 89,740 hits

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 259 other followers

%d bloggers like this: